PROGRAM KERJA
KKGMI
KECAMATAN DORO,
TALUN DAN PETUNGKRIONO
PERIODE TAHUN 2016 - 2018
KATA PENGANTAR...........................................................................................................
DAFTAR ISI........................................................................................................................
KATA PENGANTAR...........................................................................................................
DAFTAR ISI........................................................................................................................
BAB I . PENDAHULUAN...................................................................................................
A.
Latar belakang
masalah............................................................................................
B.
Permasalahan dan pemecahannya............................................................................
C.
Landasan..................................................................................................................
D.
Tujuan .....................................................................................................................
BAB II. TEHNIK PELAKSANAAN KELOMPOK KERJA GURU
KECAMATAN DORO, TALUN DAN PETUNGKRIYONO
KECAMATAN DORO, TALUN DAN PETUNGKRIYONO
A. Pola
kerja KKG........................................................................................................
B.
Ruang lingkup latihan kerja......................................................................................
C.
Tempat latihan kerja KKG........................................................................................
D. Alokasi
waktu...........................................................................................................
E.
Metode yang dipergunakan.......................................................................................
F.
Pemateri yang terlibat dalam
keanggotaan KKG.......................................................
BAB III. SUSUNAN PENGURUS DAN RENTANGAN TUGAS
BAB III. SUSUNAN PENGURUS DAN RENTANGAN TUGAS
· Pengurus inti...........................................................................................................
· Pemandu mata pelajaran.........................................................................................
· Pemandu kelas.......................................................................................................
· Pemandu mata pelajaran.........................................................................................
· Pemandu kelas.......................................................................................................
BAB IV. VISI DAN MISI KKGMI .....................................................................................
BAB V. PROGRAM KERJA KKGMI..................................................................................
BAB VI .PENUTUP.............................................................................................................
BAB V. PROGRAM KERJA KKGMI..................................................................................
BAB VI .PENUTUP.............................................................................................................
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, hidayah dan taufiqnya
kepada kami, sehingga kami segenap pengurus KKGMI telah merampungkan program
kerja tahunan untuk tahun pelajaran 2015/2016 yang nantinya akan kami fungsikan sebagai
bahan acuan dan arahan dalam melaksanakan kegiatan KKGMI di Kecamatan Doro,
Talun dan Petungkriono. Program kerja ini merupakan salah satu usaha kami dalam
menterjemahkan kebijakan yang bersifat nasional ataupun yang bersifat regional,
sehingga segala yang menjadi tujuan dari segenap pihak yang berkepentingan
dalam dunia pendidikan dapat memenuhi harapan.
Penyusunan
program kerja ini disusun berdasarkan tugas, tanggung jawab dan peranan kami
sebagai fungsionaris yang terjun langsung di pendidikan tingkat dasar yang
sangat menentukan berhasilnya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien yang
nantinya akan bermuara pada peningkatan kualitas profesional guru pada
pelaksanaan proses pembelajaran dikelas, sehingga mempunyai dampak positif
terhadap peningkatan prestasi siswa dimadrasah baik pada kegiatan intrakurikuler
maupun kegiatan extrakurikuler.
Tentu saja dalam susunan program kerja ini tidak sepenuhnya terlepas dari berbagai macam kekeliruan karena kami hanyalah manusia biasa dan kami akan berusaha seoptimal mungkin untuk memperbaikinya dalam pelaksanaan program ini nanti setelah ada kritik ataupun saran baik dari rekan-rekan guru, kepala Madrasah maupun instansi terkait lainnya yang sangat berkepentingan dengan dunia kependidikan.
Tentu saja dalam susunan program kerja ini tidak sepenuhnya terlepas dari berbagai macam kekeliruan karena kami hanyalah manusia biasa dan kami akan berusaha seoptimal mungkin untuk memperbaikinya dalam pelaksanaan program ini nanti setelah ada kritik ataupun saran baik dari rekan-rekan guru, kepala Madrasah maupun instansi terkait lainnya yang sangat berkepentingan dengan dunia kependidikan.
Akhirnya kami
mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pengawas Madrasah dan
segenap KKMI di Kecamatan Doro, Talun dan Petungkriono yang banyak memberikan
bantuannya dalam penyusunan program kerja ini, serta tidak lupa pula kami
ucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang juga membantu dalam penyelesaian
program kerja KKGMI ini.
Pekalongan, 23 Januari 2016
Pengurus KKG
Ketua Sekretaris
Muhamad. Rasdi, S. Pd. I Santoso, S. Pd. I
NIP.196912222007011032 NIP.198205082005011003
Pekalongan, 23 Januari 2016
Pengurus KKG
Ketua Sekretaris
Muhamad. Rasdi, S. Pd. I Santoso, S. Pd. I
NIP.196912222007011032 NIP.198205082005011003
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Madarash
dasar merupakan pendidikan awal dan menjadi dasar dari segala pendidkan yang
ada diatasnya,maka diperlukan pendidikan yang professional, sehingga peserta
didik betul-betul bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang ada
diatasnya.Selan itu Madarash dasar juga mempersiapkan peserta didiknya agar
dapat terjun dalam masyarakat dan dapat mengembangkan sikap belajar sesuai
dengan prinsip-prinsip pendidikan seumur hidup.Hal ini sebagaimana yang
tercantum dalam GBHN,Tap MPR No.II MPR/ 1988 yang berbunyi : “Pendidikan adalah
merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia.Pendidikan
berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan dilingkungan keluarga,Madarash dan
masyarakat.Karena itu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara
keluarga,masyarakat dan pemerintah”.
Sebagai
lembaga pendidikan yang paling bawah,Madarash dasar merupakan ujung tombak
untuk mengkader peserta didik secara optimal dan berdaya guna,yang hal ini
memerlukan kualitas dan kuantitas dari semua komponen pendidikan yang terkait
didalamnya.Berbagai usaha mutlak diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan
yang diidam-idamkan oleh segenap insane pendidikan.
Adapun
komponen pendidikan yang mempunyai peranan penting di lembaga pendidikan adalah
kepala Madarash yang berfungsi sebagai supervisor disamping sebagai tenaga
pembimbing terhadap guru yang berada di lingkungan Madarash tersebut.Sedangkan
yang berhadapan langsung dengan peserta didik dan yang bertanggung jawab atas
keberhasilan anak dalam pendidikan adalah guru,dan gurulah yang paling banyak
berinteraksi didalam kelas begitu juga orang yang paling menentukan kondisi
kelas karena pengelolaan kelas sangat tergantung kepadanya,semakin baik
perencanaan dan pelaksanaannya maka akan semakin baik pula hasil yang akan
diperolehnya.
Demikian
pula peran serta Orang tua peserta didik juga sangat dibutuhkan untuk
keberhasilan suatu pendidikan,bahkan Orang tua merupakan pendidik utama dan
pertama dalam pendidikan murid di rumah sekaligus penentu jalannya pendidikan
peserta didik di rumah,sebagaimana yang diisyaratkan dalam Hadits Nabi Muhammad
SAW,”
Artinya : “ Dari Abi Hurairoh R,A. Dia berkata,”Rosulullah SAW Bersabda,Tidak ada seorangpun yang dilahirkan kecuali Dia itu lahir atas fitroh (suci/Islam Pen.), Lalu kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nashoro dan Musyrik. (Hadits ini Kami keluarkan dalam syarah shoheh Muslm Juz 16 hal.177-178
Artinya : “ Dari Abi Hurairoh R,A. Dia berkata,”Rosulullah SAW Bersabda,Tidak ada seorangpun yang dilahirkan kecuali Dia itu lahir atas fitroh (suci/Islam Pen.), Lalu kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nashoro dan Musyrik. (Hadits ini Kami keluarkan dalam syarah shoheh Muslm Juz 16 hal.177-178
B. PERMASALAHAN
DAN PEMECAHANNYA
Memperhaikan
peranan dan fungsi segenap komponen Madarash sebagaimana tersebut diatas,maka
kami perlu mengemukakan beberapa permasalahan sekaligus pemecahannya
sebagaimana berikut :
1.
Adanya perbedaan diantara guru dalam
menguasai materi pelajaran serta perlunya perbaikan metode pembelajaran, penggunaan
media/alat dan system Evaluasi belajar.
2.
Adanya perbedaan persepsi tentang
penguasaan terhadap kurikulum berbasis kompetensi.
3.
Dari hasil pemantauan di lapangan
dijumpai beberapa indikator bahwa belum semua guru memiliki kemampuan mendalami
materi pelajaran untuk dijabarkan menjadi materi esensial, dalam arti bahwa
dalam PBM belum sepenuhnya menggunakan pendekatan Tematik, KTSP dan Kurikulum
2013, peran guru sebagai dinamisator
belajar siswa belum diterapkan, sementara metode ceramah dan tanya jawab masih
sangat dominan digunakan.
4.
Para guru belum sepenuhnya
menggunakan buku-buku sumber dan buku-buku pelengkap sebagai sumber belajar
siswa dan belum dibiasakan menggunakan media belajar.
5.
Bertitik tolak dari masalah-masalah
tersebut diatas maka kelompok kerja guru (KKG) dipilih sebagai suatu model
dalam upaya mengentaskan dan meningkatkan kemampuan guru. karena selama
beberapa tahun terakhir ini program KKG khususnya di KKGMI Kecamatan Doro,
Talun dan Petungkriono tidak dapat berjalan dengan efektif dan
efisien,sehingga perlu dukungan dari semua pihak utamanya dari lembaga yang
terkait.
6.
Dengan latihan kerja guru melalui
forum KKGMI usah membina dan meningkatkan kemampuan guru khususnya guru di KKGMI
Kecamatan Doro, Talun dan Petungkriono diharapkan dapat berjalan lebih efektif
dan efisien, dengan dana yang relatif kecil dapat menjangkau sasaran yang lebih
luas.dengan forum ini pula para guru dapat belajar dan bertukar pengalaman
serta berlatih bersama-sama dengan prinsip dari guru,oleh guru dan untuk guru.
C. LANDASAN
Dalam
penyusunan program kerja gugus ( KKG) ini kami berlandaskan pada :
a.
Undang-undang nomor 20 tahun 2003
tentang SISDIKNAS
b.
Peraturan pemerintah Nomor 19
tahun205 tentang Standar Pendidikan Nasional.
c.
Permendiknas No. 22,23,24 tahun 2006
tentang Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, dan Pelaksanaan SI dan SKL.
d.
Pengarahan Kasi Penma Kemenag. Kab.
Pekalongan.
e.
Saran dan petunjuk teknis dari
pengawas Madrasah Kec. Doro, Talun dan Petungkriono.
f.
Masukan dari para kepala Madarash
khususnya KKMI Kec. Doro, Talun dan Petungkriono.
g.
Masukan dari para rekan guru se KKMI
Kec. Doro, Talun dan Petungkriono.
D. TUJUAN
Penyusunan program kerja ini bertujuan :
1)
Untuk dapat memperlancar upaya
peningkatan mutu pengetahuan, wawasan, kemampuan dan keterampilan professional
para tenaga kependidikan.
2)
Sebagai Wahana dan wadah dari guru
untuk memecahkan persoalan-persoalan pembelajaran diMadarash masing-masing.
3)
Wadah penyebaran informasi,inovasi dan pengembangan
professional guru.
4)
Mengkoordinasikan dan
mengakomodasikan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan peranannya guna
meningkatkan penyelenggaraan pendidikan.
5)
Sebagai piranti atau pemersatu
segenap Guru diwilayah Kec.Doro, Talun dan Petungkriono.
BAB II
TEHNIK PELAKSANAAN KELOMPOK KERJA GURU
KKGMI DORO TALUN DAN PETUNGKRIONO
TEHNIK PELAKSANAAN KELOMPOK KERJA GURU
KKGMI DORO TALUN DAN PETUNGKRIONO
A.
POLA KERJA KKGMI
1)
Belajar mandiri baik secara
individual maupun kelompok.
2)
Dari guru, oleh guru dan untuk guru
serta dikembangkan untuk anak didik, dalam arti segala permasalahan yang
diajukan peserta dipecahkan oleh guru dan dimanfaatkan untuk guru. Permasalahan
tersebut bisa berupa materi proses belajar mengajar,sistem penilaian atau
komponen lain yang ada hubungannya dengan PBM.
3)
Setiap permasalahan dipecahkan
bersama melalui diskusi kelompok dengan tahapan sebagai berikut :
Ø
Latar belakang masalah
Ø
Identifikasi masalah
Ø
Pembahasan masalah
Ø
Perumusan masalah
Ø
Mencari alternatif pemecahan
Ø
Memilih alternatif pemecahan yang
dianggap paling baik
Ø
Menentukan langkah-langkah kegiatan
B.
RUANG LINGKUP LATIHAN KERJA
1)
Pendalaman materi untuk memperluas
wawasan melalui ceramah / penyajian nara sumber,diskusi dan sumber belajar
lainnya.
2)
Menganalisis materi dengan
menggunakan format yang telah ditentukan untuk mengetahui ruang lingkup bahan
dan alokasi waktu yang diperlukan.
3)
Mendalami pendekatan Tematik dan
KTSP serta metode-metode yang mendukungnya.
4)
Mendalami system evaluasi yang
menyangkut ranah Kognitif,Affektif dan Psikomotor.
5)
Mendalami tehnik penyusunan program
semester.
6)
Mendalami pemanfaatan Media dan alat
pelajaran guna menunjang keberhasilan PBM.
7)
Mendalami tehnik menyusun soal
setiap semester.
C.
TEMPAT LATIHAN KERJA KKG
1)
Di Madarash yang menjadi PKG ( MI
inti )
2)
Madarash yang ditunjuk
D.
ALOKASI WAKTU
1)
Untuk latihan kerja KKGMI di
kecamatan Doro, Talun dan Petungkriono dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan,
dalam 1 Semester yang pada tiap pertemuan membutuhkan waktu 2 jam.
2)
Bila waktu yang direncanakan masih
belum mencukupi, maka akan ditambah sesuai dengan kebutuhan.
E.
METODE YANG DIPERGUNAKAN DALAM KKGMI
1)
Diskusi, baik secara individual
maupun kelompok.
2)
Studi kasus untuk memecahkan masalah
3)
Pemberian tugas atau latihan
4)
Simulasi
5)
Karya Wisata
F.
PEMATERI YANG TERLIBAT DALAM KEANGGOTAAN KKGMI
1)
Nara sumber, pakar-pakar / pembina
pendidik yang meliputi :
Ø
Pengawas Madrasah Kecamatan Doro
Talun dan Petungkriono·
Ø
KKMI wilayah kecamatan Doro Talun
dan Petungkriono.
Ø
Guru-guru yang dianggap mampu dari Madrasah-Madrasah
yang masuk dalam anggota KKGMI ini.
2)
Pakar-pakar pendidikan dari luar
kecamatan Doro Talun dan Petungkriono apabila diperlukan
BAB III
SUSUNAN PENGURUS, UNIT KERJA, DAN RENTANGAN TUGAS
Pengurus Inti
Ø K e
t u a : Muhamad Rasdi, S. Pd. I ( Guru MIS Kaliketing )
Ø Wakil
Ketua : Wanuri, S. Pd.I ( Kepala MIS Tlogopakis)
Ø Sekretaris
I : Santoso, S. Pd. I ( Guru MI Futuhiyah )
Ø Sekretaris
II : Kusnandar, S. Pd.I ( Guru MII Harjosari)
Ø Bendahara
I : Tutur Anisah, S. Pd. I (
Guru MII Harjosari )
Ø Bendahara
II : Siti Mutamimah, S. Pd.I ( Guru MIS Wringin Agung)
Pemandu Mata Pelajaran
1)
Pendidikan Agama :
a)
Al Qur’an Hadis : Ikhwan
Farodis, S. Pd. I (Guru MI Hasyim
As’ari Mesoyi)
b)
Akidah Akhlak : Rubaiyah, A. Ma (Guru MIM Kutosari )
c)
Fikih : Eni
Tuslikhah, S. Pd. I (Guru MII
Harjosari )
d)
SKI : M. Subhan, S. Pd. I (Guru MIS Wringinagung )
e)
Bahasa Arab : Mohammad Yahya,
S.Pd.I ( Guru MIS Kaliketing )
2)
PPKN : Hj. Nasehati, S. Pd.SD ( Guru MIM Donowangun 02 Talun)
3)
Bahasa Indonesia : Cholidah,
S.Pd. I ( Guru MII
Harjosari )
4)
Matematika : Yusrotunnissa,
S. Pd. ( MIS Kaliketing)
5)
IPA : Hermansyah, (
Guru MIM Kutosari )
6)
IPS : Heny Revana, S. Pd. I ( Guru MIS Tlogopakis)
7)
SBK : Kuswati, S. Pd. I ( MIS Wringinagung)
8)
Penjaskes : Muqodim
, S. Pd. I. ( Guru MIS
Kaliketing )
9)
Mulok Wajib Bhs. Jawa : Zanto,
S. Pd ( MII
Harjosari)
10)
Mulok Pilihan BTQ : H.
M. Tahlis Abdillah ( MI
Futuhiyah)
Pemandu Kelas
a)
Kelas I : Muslikha, S.Pd.I ( Guru MII Harjosari )
b)
Kelas II : Rohmawati, S. Pd.I ( Guru MI Futuhiyah )
c)
Kelas III : Rumaniyah, S. Ag ( Guru MIM Kutosari )
d)
Kelas IV : Siti Mahmudah, S. Pd. SD ( Guru MIM Donowangun 01 )
e)
Kelas V : Sofiyah, S. Pd. I ( Guru MIM Donowangun 02 )
f)
Kelas VI : Rini Yuniarti, S. Pd. I ( Guru MIS Kaliketing Doro )
BAB IV
VISI DAN MISI
KKG MI
KECAMATAN DORO
TALUN DAN PETUNGKRIONO
1) Visi
“UNGGUL DAN TERAMPIL DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DI PENDIDIKAN MADARASH
IBTIDAIYAH BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA, SERTA MENJADI KKGMI YANG TERBAIK DI
TINGKAT KECAMATAN DORO, TALUN DAN PETUNGKRIONO”.
Indikator
Ø
Meningkatnya pengembangan kurikulum
satuan pendidikan yang mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik dan
masyarakat tahun 2015 / 2016.
Ø
Terwujudnya peningkatan sumber daya
manusia pendidik dan tenaga kependidikan.
Ø
Meningkatnya proses pembelajaran.
Ø
Terwujudnya rencana induk
pengembangan sarana prasarana pendidikan
Ø
Terwujudnya peningkatan kualitas
lulusan dalam bidang akademik maupun non akademik
Ø
Terwujudnya pelaksanaan manajemen
berbasis Madarash dan peningkatan mutu kelembagaan.
Ø Terlaksananya
pengembangan implementasi pembelajaran IPA dengan menggunakan sumber belajar
sekitar Madarash.
2) Misi
a)
Melaksanakan pengembangan kurikulum
:
Ø
Melaksanakan pengembangan kurikulum
satuan pendidikan
Ø
Melaksankan pengembangan pemetaan
kompetensi dasar semua mata pelajaran.
Ø
Melaksanakan pengembangan silabus.
Ø
Melaksanakan pengembangan rencana
pembelajaran.
Ø
Melaksanakan pengembangan sistem
penilaian
b)
Melaksanakan Pengembangan Tenaga
Kependidikan.
Ø
Melaksanakan pengembangan
profesionalitas guru
Ø
Melaksanakan peningkatan kompetensi
guru
Ø
Melaksanakan peningkatan kompetensi
tenaga kependidikan.
c)
Melaksanakan Pengembangan Proses
pembelajaran.
Ø
Melaksanakan pengembangan metode
pengajaran.
Ø
Melaksanakan pengembangan strategi
pembelajaran
Ø
Melaksanakan pengembangan strategi
penilaian.
Ø
Melaksanakan pengembangan bahan ajar
/ sumber pembelajaran
d)
Melaksanakan Rencana Induk
Pengembangan Fasilitas Pendidikan
Ø
Mengadakan media pembelajaran
Ø
Mengadakan sarana prasarana
pendidikan.
Ø
Menata lingkungan belajar sehingga
tercipta lingkungan belajar yang kondusif.
e)
Melaksanakan
Pengembangan/Peningkatan Standar Ketuntasan dan Kelulusan.
f)
Melaksanakan Pengembangan Kelembagaan dan
Manajemen Madarash.
Ø
Melaksanakan MBS.
Ø
Melaksanakan monitoring dan
evaluasi.
Ø
Melaksanakan supervise klinis.
g)
Melaksanakan Program Penggalangan
Pembiayaan Madarash
Ø
Melaksanakan Pengembangan Jalinan
Pinjaman Dana
Ø
Melaksanakan Usaha Peningkatan
Penghasilan Madarash
Ø
Pendayagunaan Potensi Madarash
(Lingkungan )
Ø
Melaksanakan Program Subsidi Silang.
h)
Melaksanakan Pengembangan Penilaian
Ø
Melaksanakan Pengembangan Perangkat/
Model-Model Pembelajaran
Ø
Melaksanakan program evaluasi
pembelajaran.
Ø
Menyiapkan siswa melalui kegiatan
pengembangan bidang akademis, non akademis dan imtaq.
Ø
Mengikuti kegiatan lomba akademis dan
non akademis dan keagamaan.
i)
Melaksanakan Program Pengembangan /
Implementasi Pembelajaran IPA.
Ø
Melaksanakan kegiatan peningkatan
mutu, konstusifitas belajar lingkungan Madarash.
Ø
Meningkatkan profesionalisme dan
kompetensi guru IPA.
Ø
Mengadakan dan mengembangkan
fasilitas pembelajaran.
Ø
Mengembangkan manajemen pengelolaan.
3). Tujuan
a)
Madarash Mengembangkan Kurikulum
·
Mengembangkan Kurikulum Satuan Pendidikan
dan Kurikulum 2013 untuk Pelajaran Agama dan Bahasa arab pada tahun 2016.
·
Mengembangkan pemetaan SK, KD,
Indikator untuk kelas 1 s.d 6 pada tahun 2016.
·
Mengembangkan RPP Berkarakter untuk kelas 1
s.d 6 semua mata pelajaran.
·
Mengembangkan sistem penilaian
berbasis kompetensi.
b)
Madarash Mencapai Standar Isi
(Kurikulum) pada tahun 2016.
c)
Madarash Mencapai Standar Isi (Kurikulum)
pada tahun 2016.
d)
Madarash memiliki/mencapai standart
proses pembelajaran meliputi:
·
Melaksanakan pembelajaran dengan multimedia
dan multistrategi.
·
Melaksanakan pendekatan belajar
tuntas.
·
Melaksanakan pembelajaran inovatif.
e)
Madarash memiliki/mencapai standart
pendidikan dan tenaga kependidikan sesuai SPM pada tahun 2016 .
f)
Madarash memiliki/mencapai standart
sarana/prasarana/fasilitas pada tahun 2016.
g)
Madarash memiliki/mencapai standar
pengelolaan Madarash.
h)
Madarash memiliki/mencapai standart
pencapaian ketuntasan kompetensi/prestasi/ lulusan.
i)
Madarash memiliki/mencapai standart
pembiayaan Madarash.
j)
Madarash memiliki/mencapai standart Madarash
nasional bertaraf Internasional.
4). Program Strategis
1.
Pengembangan standart Isi/Kurikulum.
Ø
Pengembangan kurikulum satuan
pendidikan .
Ø
Pengembangan silabus.
Ø
Pengembanagan Program Tahunan
Ø
Pengembanagan Program semester
Ø
Pengembangan RPP.
Ø
Pengembangan pemetaan SK, KD.
Ø
Pengembangan system penilaian.
2.
Pengembangan dan peningkatan SDM
pendidikan dan tenaga kependidikan.
3.
Pengembangan standart proses
pembelajaran.
4.
Pengembangan sarana, prasarana dan
media pembelajaran.
5.
Pengembangan standart pencapaian ketuntasan/kelulusan
optimal.
6.
Pengembangan manajemen Madarash dan
kelembagaan.
7.
Pengembangan komite Madarash dan
pembiayaan pendidikan.
8.
Pengembangan kegiatan lomba akademik
dan non akademik.
Strategi Pelaksanaan :
Program-program
Strategis dapat dicapai melalui strategi :
a)
Sosialisasi.
b)
Kerjasama yang sinergis
c)
Diklat (Inservice Training/on
service training)
d)
Workshop.
e)
Seminar.
f)
Pengaktifan KKGMI
g)
In house training.
h)
Pembinaan potensi siswa
Ø
Ekstrakurikuler
Ø
Lomba-lomba
i)
Pembekalan
j)
Pemberdayaan.
k)
Studi banding
l)
Pengadaan pembangunan.
Hasil Yang Diharapkan.
Hasil Yang Diharapkan.
a)
Terpenuhinya Kurikulum Madarash
sesuai PP No 19 tahun 2005 pada tahun 2010.
Ø
Tersusunnya kurikulum tingkat satuan
pendidikan.
Ø
Pemetaan SK/KD, aspek, indikator.
Ø
Silabus untuk semua mata pelajaran
kelas 1 – 6.
Ø
Sistem penilaian untuk semua mata pelajaran
kelas 1 -6.
Ø
Rencana program pembelajaran untuk
semua mata pelajaran kelas 1 – 6.
b)
Terpenuhinya tenaga pendidikan dan
tenaga kependidikan sesuai SNP pada tahun 2017.
c)
Terpenuhinya standard proses
pembelajaran yang menggunakan multimedia dan multistrategi dalam proses sesuai
SNP.
d)
Terpenuhinya sarana prasarana dan media
pendidikan sesuai SNP :
Ø
Ruang kelas pada tahun 2016
Ø
Ruang computer pada tahun 2017.
Ø
Ruang lab IPA pada tahun 2018.
Ø
Media pendidikan pada tahun 2018.
e)
Tercapainya standart ketuntasan dan
kelulusan sesuai SNP pada tahun 2016.
f)
Terwujudnya MBS sesuai SNP dan mutu
kelembagaan.
g)
Terpenuhinya standart pembiayaan
pendidikan sesuai SNP pada tahun 2016.
h)
Terlaksananya standart penilaian
melalui implementasi model-model penilaian dan lomba-lomba potensi akademis,
non akademis dan imtaq.
Terlaksananya
implementasi pembelajaran IPA dengan menggunakan sumber belajar sekitar Madarash
menuju Madarash nasional bertaraf internasional pada tahun 2017
BAB V
PROGRAM KERJA DAN RAB SMT II
PROGRAM KERJA DAN RAB SMT II
KKG MI KECAMATAN DORO, TALUN DAN PETUNGKRIONO
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
1.
Program
Kerja Rutin
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Produk
|
1.
|
Pertemuan
Rutin Guru Pemandu
|
Analisis
Buku Guru dan Buku Siswa
|
Guru Kelas/
Mapel
|
Analisis
Materi, KD, Indikator, Tujuan Pembelajaran
|
2.
|
Pertemuan
Rutin Guru Pemandu
|
Penyusunan
Program Tahunan
|
Guru Kelas/
Mapel
|
Program
Tahunan
|
3.
|
Pertemuan
Rutin Guru Pemandu
|
Penyusunan
Program Semester
|
Guru Kelas/
Mapel
|
Program
Semester
|
4.
|
Pertemuan
Rutin Guru Pemandu
|
Penentuan
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
Guru Kelas
/Mapel
|
KKM
|
5.
|
Pertemuan
Rutin Guru Pemandu
|
Diskusi
Permasalahan Pembelajaran
|
Guru Kelas
/Mapel
|
RPP,
Rubrik Penilaian, Media, Metode, dll
|
6.
|
Pertemuan Rutin
Guru Pemandu
|
Pelatihan
Penggunaan Media Pembelajaran.
|
Guru Kelas/
Mapel
|
Terampil
Menggunakan Media Pembelajaran
|
7.
|
Pertemuan
Rutin Guru Pemandu
|
Pendampingan
Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas/Lesson Study
|
Guru Kelas/
Mapel
|
Trampil
proses KBM
|
8.
|
Pertemuan
Rutin Guru Pemandu
|
Penyusunan
Kisi-kisi Soal, Soal, Editing Soal Semester
|
Guru Kelas
/ Mapel
|
Kisi-kisi,
Bank Soal, Kunci Jawaban
|
9.
|
Pertemuan
Rutin Guru Pemandu
|
Penyusunan
Soal-soal Tryout Ujian Nasional
|
Guru Kelas
6
|
Bank Soal
Tryout UN dan Kunci Jawaban
|
10.
|
Pertemuan
Rutin Guru Pemandu
|
Pembahasan
Materi dan Pemantapan Menghadapi Ujian Nasional
|
Guru Kelas
6
|
Trik
menjawab soal, rangkuman materi dll
|
2.
Program Pengembangan
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Produk
|
1.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Pelatihan
Penetapan Perhitungan Angka Kredit
|
Anggota
|
Guru paham
dan bisa menghitung sendiri angka kreditnya
|
2.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Pelatihan
Penyusunan Portofolio PK Guru dan PKB
|
Anggota
|
Guru Mampu
dan bisa menyusun portofolio PK Guru dan PKB
|
3.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Pelatihan
Guru Pembina Olimpiade MIPA
|
Anggota
|
Guru
menguasai teknik dan trik pembinaan Olimpiade MIPA
|
4.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Penyusunan
Blogsite KKG
|
Anggota
|
KKG
memiliki Blog/Website
|
5.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Penerbitan
Buletin KKG
|
Anggota
|
Buletin 4
bulanan tentang berbagai hal seputar KKG Gugus 03
|
6.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Peer
coaching TIK Dasar
|
Anggota
|
Guru
Terampil Menggunakan TIK
|
7.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Sosialisasi
Implementasi Hasil Workshop/Diklat Guru
|
Anggota
|
Menambah wawasan
keilmuwan guru melalui materi terbaru
|
8.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Mengadakan
pertukaran Guru PAI pada PHBI
|
Anggota
|
Silaturahim
dan ukuwah islamiyah (syiar Islam)
|
9.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Mengadakan
istiqosah setiap bulan sekali di seluruh Madarash
|
Anggota
|
Syiar
Islam dan Keimanan guru dan siswa meningkat
|
10.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Study
Banding lokal ke
|
Anggota
|
Tukar
pengalam dan sharing keilmuwan
|
11.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Pertandingan
Olahraga Persahabatan
|
Guru dan
siswa
|
Silaturahim
dan peningkatan prestasi Olahraga
|
12.
|
Pertemuan
Insidentil KKG
|
Persami
dan Penjelajahan Pramuka
|
Guru dan
siswa
|
Pendidikan
karakter
|
3.Materi Kegiatan
Materi
kegiatan kelompok kerja KKG Kec. Doro Talun Petungkriono ini
direncanakan sebagai berikut:
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Materi
|
Nara
Sumber
|
Metode
Penyajian
|
1
|
Pertemuan 1
Kamis, 14 Januari 2016
MIM Donowangun 01
|
Permilihan Ketua KKG Baru periode 2016-2018
|
1.
Ketua
KKMI Kec.
2.
Pengawas
Madrasah
|
Tanya jawab, unjuk kerja,
|
2
|
Pertemuan 2
Sabtu, 23 Januari 2016
MIS Kaliketing
|
Tindak Lanjut Pembuatan Program Kerja KKGMI
|
1. Ketua KKG
2. Pengawas Madrasah
3. Ketua KKMI Kec.
|
Tanya jawab, unjuk kerja, tugas mendiri
|
3
|
Pertemuan 3
Senin,
08 Pebruari 2016
MIS Tlogopakis
|
Sosialisasi Program Kerja KKG MI Periode 2016 – 2018 dan PKG dan Evaluasi Diri
|
1. Ketua KKGMI
2. Pengawas Madrasah
|
Ceramah,
Tanya jawab
|
4
|
Pertemuan 4
Kamis, 25 Pebruari 2016
MII Harjosari
|
Pembuatan Kisi-kisi soal dan Soal UTS Semester 2 (dua)
|
1. Pengurus KKGMI
2. Pengawas Madrasah
|
Tanya jawab, unjuk kerja, tugas mendiri
|
5
|
Pertemuan 5
Kamis, 3 Maret 2016
MIS Wringinagung
|
Pengumpulan Kisi-kisi soal dan Soal UTS Semester 2
|
1.
Pengurus
KKGMI
2.
Pengawas
Madrasah
|
Tanya jawab, unjuk kerja, tugas mendiri
|
6
|
Pertemuan 6
Sabtu, 26 Maret 2016
MIM Kutosari
|
1. Kajian Akademik
2. Tindak Lanjut Penilaian UTS
|
1. Pengawas Madrasah
2. Ketua KKGMI
|
Ceramah , Tanya jawab, tugas mendiri.
|
7
|
Pertemuan 7
Sabtu, 9 April 2016
MI Futuhiyyah
|
Model Model Pembelajaran PAIKEM
|
1. Pengawas Madrasah
|
Ceramah, Tanya jawab, Tugas
Mandiri
|
8
|
Pertemuan 8
Kamis, 28 April 2016
MIS Kaliketing
|
Pembuatan Diktat/Modul dan Panduan Guru
|
Pengawas Madrasah
|
Ceramah, Tanya jawab
Presentasi
|
9
|
Pertemuan 9
Kamis,12
Mei 2016
MIM Donowangun 01
|
Pembelajaran TIK Dasar
|
1. Dul
Aziz
2. Pengawas Madrasah
|
Tanya jawab, unjuk kerja, tugas mandiri
|
10
|
Pertemuan 10
Sabtu,28 Mei 2016
MIM Donowangun 02
|
Tindak lanjut Pembelajaran TIK
|
1.
Dul
Aziz
2.
Pengawas
Madrasah
|
Presentasi, tanya jawab, Penugasan
|
4. Nara
Sumber
Diambil dari nara sumber / instruktur / guru inti sesuai dengan
kepakarannya dan memenuhi syarat- syarat di bawah ini :
Pengawas MI yang kompeten .
a) Ketua KKM dan Ketua KKG
b) Guru Pemandu / Guru inti
c) Peserta terlampir.
5. Realisasi
Kegiatan
Jadwal Kegiatan
Pertmuan :
1
Tanggal : Kamis, 14 Januari 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00
- 12.00
12.15
– 13.00
13.00
– 14.30
|
Pemilihan
Ketua KKG Baru periode 2016 – 2018
Istirahat
Pembinaan
|
Ketua
KKM
Nadlirin,
S. Pd. I
Pengawas
Madrasah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II,
III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari , Kamis, 14 Januari
2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan
jam 14.30 WIB, di MIM Donowangun 01.
-Pertmuan :
2
Tanggal :
Sabtu, 23 Januari 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1
2
3
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Tindak
Lanjut Pembuatan Program Kerja KKGMI
Istirahat
Pembinaan
dan Pengarahan
Program
Kerja
|
Ketua
KKG
Muhamad
Rasdi, S.Pd.I
Pengawas
Madrasah
1. Bpk. Subiyantho, S.Ag.
2. Dra. Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II,
III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari Sabtu, 23 Januari 2016 dimulai
dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIS Kaliketing Doro.
Pertmuan :
3
Tanggal : Senin, 08 Pebruari 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1
2
3
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Sosialisasi Program Kerja KKG MI
Istirahat
PKG,Evaluasi Diri
|
Ketua KKG
M.Rasdi,
S. Pd. I
Bpk,Subiyantho,
S.Ag
Ibu,Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II,
III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari ,Senin 08 Pebruari2016 dimulai
dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIS Tlogopakis Petungkriono.
Pertmuan :
4
Tanggal : Kamis, 25 Pebruari 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Pembuatan Kisi
kisi soal dan Soal UTS Semester 2
Istirahat
Pembekalan
Pembutan Kisi kisi soal
|
Pengurus KKG
M. Rasdi, S. Pd.I / Wanuri, S. Pd.I
Pengawas Madrasah
Bpk.Subiyantho,S.Ag
Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II,
III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari ,Kamis 28 Pebruari2016 dimulai
dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MII Harjosari Doro.
Pertemuan :
5
Tanggal :
Kamis, 3 Maret 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Pengumpulan Kisi kisi soal dan soal UTS Semester 2
Istirahat
Pembinaan
|
Pengurus KKG
Pengawas
Madrasah
Bpk.Subiyantho,S.Ag
Ibu
.Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II,
III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari , Kamis, 3 Maret 2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIS Wringin Agung Doro.
Pertemuan :
6
Tanggal : Sabtu, 26 Maret 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1
2
3
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Kajian
Akademik
Istirahat
Tindak lanjut
Penilaian UTS
|
Pengawas Madrasah
Bpk.Subiyantho,
S.Ag
Ibu.Dra.Munifah
Ketua KKG
Muhamad Rasdi,
S.Pd.I
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II,
III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari Sabtu, 26 Maret 2016 dimulai
dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIM Kutosari Doro.
Pertmuan :
7
Tanggal : Sabtu,09
April 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1
2
3
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Model – Model Pembelajaran
Istirahat
Pembelajaran PAIKEM
|
Pengawas
Madrasah
Bpk,Subiyantho,
S.Ag
Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II,
III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali Pada hari , Sabtu,09 April 2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MI Futuhiyyah Doro.
Pertemuan :
8
Tanggal : Kamis, 28 April 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Pembuatan
Diktat
Istirahat
Modul Panduan Guru
|
Pengawas Madrasah
Bpk.Subiyantho,S.Ag
Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II,
III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari ,Kamis, 28 April
2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan
jam 14.30 WIB, di MIS Kaliketing Doro.
Pertemuan :
9
Tanggal : Kamis, 12 Mei 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Pembelajaran
TIK Dasar
Istirahat
Pembinaan
|
Abdul aziz
Pengawas Madrasah
Bpk.Subiyantho,S.Ag
Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II,
III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari ,Kamis, 12 Mei 2016 dimulai
dari pukul .10.00 WIB sampai dengan jam 14.30 WIB, di MIM Donowangun 01
Pertemuan :
10
Tanggal : Kamis, 28 Mei 2016
JAM
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILATOR
|
1.
2.
3.
|
10.00 - 12.00
12.15 – 13.00
13.00 – 14.30
|
Tindak Lanjut Pembelajaran TIK
Istirahat
Pembinaan
|
Abdul Aziz
Pengawas Madrasah
Bpk.Subiyantho,S.Ag
Dra.Munifah
|
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II,
III, IV, V, dan VI setiap 2x Pertemuan dalam sebulan sekali (Pada hari ,Kamis, 28 April
2016 dimulai dari pukul .10.00 WIB sampai dengan
jam 14.30 WIB, di MIM Donowangun 02.
RAB SMT II
KKG
MI KECAMATAN DORO, TALUN DAN
PETUNGKRIONO
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Pengadministrasian siswa baru Rp 10,000
Pembenahan perangkat kelas Rp 10,000
Diskusi Rp 20,000
Penyusunan Program semester Rp 50,000
Penyusunan Silabus Rp 75,000
Penyusunan Rencana Pembelajaran Rp 100,000
Penyusunan kisi-kisi ulangan harian /semester Rp 10,000
Evaluasi dan analisis Rp 10,000
Bimbingan dan penyuluhan Rp 10,000
Perbaikan dan pengayaan Rp 10,000
Penyusunan soal harian / semester Rp 100,000
Pemanfaatan media pembelajaran Rp 50,000
Pendalaman materi Rp 50,000
Extra kurikuler Rp 25,000
Pendalaman Model Keterkaitan Mapel dgn Imtaq
JUMLAH Rp 565,000
2. KEGIATAN
Pengisian format inventarisasi kelas Rp 10,000
Pengadministrasian siswa baru Rp 10,000
Pembenahan perangkat kelas Rp 10,000
Diskusi Rp 10,000
Penyusunan Program semester Rp 25,000
Penyusunan Silabus Rp 75,000
Penyusunan Rencana Pembelajaran Rp 100,000
Penyusunan kisi-kisi ulangan harian /semester Rp 25,000
Evaluasi dan analisis Rp 10,000
Bimbingan dan penyuluhan Rp 10,000
Perbaikan dan pengayaan Rp 100,000
Penyusunan soal harian / semester Rp 100,000
Pemanfaatan media pembelajaran Rp 10,000
Pendalaman materi Rp 20,000
Pendalaman Model Keterkaitan Mapel dgn Imtaq Rp 10,000
JUMLAH Rp 535,000
RAB
DAN PROGRAM KERJA SMT II KKG MI
KECAMATAN
DORO, TALUN DAN PETUNGKRIONO
TAHUN PELAJARAN 2016-2018
1. KEGIATAN BIAYA
Pengadministrasian siswa baru Rp 10,000
Pembenahan perangkat kelas Rp 10,000
Diskusi Rp 10,000
Penyusunan Program semester Rp 25,000
Penyusunan Silabus Rp 75,000
Penyusunan Rencana Pembelajaran Rp 100,000
Penyusunan kisi-kisi ulangan harian /semester Rp 25,000
Evaluasi dan analisis Rp 10,000
Bimbingan dan penyuluhan Rp 10,000
Perbaikan dan pengayaan Rp 10,000
Penyusunan soal harian / semester Rp 100,000
Pemanfaatan media pembelajaran Rp 20,000
Pendalaman materi Rp 20,000
Extra kurikuler Rp 20,000
Pendalaman Model Keterkaitan Mapel dgn Imtaq Rp 10,000
JUMLAH Rp 465,000
TAHUN PELAJARAN 2016-2018
1. KEGIATAN BIAYA
Pengadministrasian siswa baru Rp 10,000
Pembenahan perangkat kelas Rp 10,000
Diskusi Rp 10,000
Penyusunan Program semester Rp 25,000
Penyusunan Silabus Rp 75,000
Penyusunan Rencana Pembelajaran Rp 100,000
Penyusunan kisi-kisi ulangan harian /semester Rp 25,000
Evaluasi dan analisis Rp 10,000
Bimbingan dan penyuluhan Rp 10,000
Perbaikan dan pengayaan Rp 10,000
Penyusunan soal harian / semester Rp 100,000
Pemanfaatan media pembelajaran Rp 20,000
Pendalaman materi Rp 20,000
Extra kurikuler Rp 20,000
Pendalaman Model Keterkaitan Mapel dgn Imtaq Rp 10,000
JUMLAH Rp 465,000
JUMLAH
DANA KESELURUHAN Rp
1,565,000
Doro, 23 Januari 2016
Ketua KKG Sekretaris
M. Rasdi. S. Pd. I Santoso, S. Pd. I
NIP : 196912222007011032 NIP : 198205082005011003
BAB VI
PENUTUP
PENUTUP
Program latihan kerja KKGMI ini adalah sebagai bahan acuan pokok yang akan dipergunakan dalam pertemuan guru-guru, baik guru kelas maupun guru bidang studi sejenis untuk berlatih dan bekerja.
Selain itu program ini juga berungsi sebagai arahan untuk mengentaskan dan meningkatkan kreatifitas guru khususnya di wilayah Kecamatan Doro,Talun dan Petungkriono dengan harapan agar mutu profesionalisme guru dan kualitas pendidikan benar-benar tercapai seoptimal mungkin.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini janh dari sempurna dan terdapat banyak kekurangan ,Untuk itu saran masukan dan kritik membangun kami nantikan dari Bapak dan ibu guru khususnya di KKG MI.Akhirnya kalau ada kekurangan itu semata-mata karena kelemahan kami pengurus.Sebagai manusia biasa yang tidak pernah lepas dari kekurangan dan kesalahan, Semoga laporan ini bermanfaat, Amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar